Pengaruh Pemberdayaan Pegawai dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai (Suatu Studi Pada Pengelola Keuangan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat)

Authors

  • Tintin Sumartini Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti, Bandung, Indonesia
  • S Ridwan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti, Bandung, Indonesia
  • Suryaman Suryaman Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jkmt.v2i4.239

Keywords:

Pemberdayaan pegawai,kompetensi, Kinerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pemberdayaan pegawai, kompetensi dan kinerja serta pengaruh pemberdayaan pegawai dan kompetensi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai pengelola keuangan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah metode survey deskriptif dan eksplanatori. Unit analisis dalam penelitian ini adalah para pegawai pengelola keuangan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat. Populasi diambil sebanyak 58 orang, serta metode analisis yang digunakan adalah distribusi freukensi dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan pegawai pada umumnya berjalan dengan baik, kompetensi, masih tinggi dalam memenuhi kebutuhan pengelolaan keuangan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dan kinerja pegawai akan meningkat apabila pengelolaan keuangan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat berupaya untuk meningkatkan pemberdayaan pegawai sebagai prioritas pertama, serta kompetensi pegawai prioritas ke dua, karena pemberdayaan pegawai dominan mempengaruhi kinerja pegawai daripada kompetensi pegawai. Sehingga pegawai perlu diberdayakan agar mampu memberikan suatu hasil prestasi kerja yang diharapkan, maka pegawai tersebut memperoleh penghargaan. Karena itu sebaiknya pemberdayaan pegawai dihubungkan dengan kompetensi pegawai, agar mereka lebih termotivasi untuk bekerja dibarengi dengan rasa tangungjawab pegawai dan loyalitas pada pengelolaan keuangan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat itu sendiri

References

Achmad S. ruky, 2003, Sistem Manajemen Kinerja, Pt. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Alfianti, Dita. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah. (Studi Kasus Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Universitas Diponogoro Semarang).

Anwar Prabu Mangkunegara, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan,cetakan BPFE, Yogyakarta.

Bambang Wahyudi, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung, CV. Setia.

Bernardin, 2004. John H and Ruseell, Joyce EA, 2003, Human Resource Management, New York, Mc Graw – Hill Inc.

French, Handoko, 2004, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta

Handoko, Hani T. 2004, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Hart, Cathy, dkk. 1999, Retailer and Student Perceptions of Competence development, International Journal of Retail and Distribution Management, Vol. 27, No. 9, Hal. 362-373).

Kartasasmita, Ginandjar, 2001. Pembangunan Untuk Rakyat: Memejukan Pertumbuhan Dan Pemerataan, Pustaka Cidesindo, Jakarta.

Khan, S. (2007). The Key Being a Leader Company Empowerment. Journal for Quality and Participation. New Jersey.

Mangkunegara, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Remaja Rosolakarya, Bandung.

Mathis.L.Robert dan Jackson.H.John. 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Buku kedua

Published

2024-10-18