Efektivitas Penggunaan Media Permainan Paper Doll “Bepe-Bepean” dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Tema Clothes di Sekolah Dasar

Authors

  • Neni Maulidah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Indonesia
  • Decenni Amelia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Indonesia,

DOI:

https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i2.125

Keywords:

Media Permainan, Paper Doll, “Bepe-Bepean”, Kosakata Bahasa Inggris, Clothes

Abstract

Siswa sekolah dasar dapat dikategorikan sebagai anak-anak yang memiliki kecenderungan suka dan butuh bermain (Homo Ludens). Oleh karenanya belajar dengan cara bermain bagi siswa sekolah dasar akan sejalan dengan kebutuhan dan menunjang pembelajaran yang lebih bermakna serta memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan.Pembelajaran bahasa Inggris sebagai pembelajaran berbahasa asing bagi anak sekolah dasar di Indonesia memiliki karakteristik pembelajaran yang salah satunya menekankan pada penguasaan vocabulary (kosakata) yang dalam pelaksanaanya membutuhkan media pembelajaran yang inovatif dan memenuhi kebutuhan belajar serta karakteristik siswa sekolah dasar. Penelitian ini ditujukan untuk mengukur efektivitas penggunaan media permainan Paper Doll “Bepe-bepean” terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris tema Clothes pada siswa kelas 3 sekolah dasar. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest Posttest study pada siswa kelas 3 SDN 3 Ciamis. Hasil uji statistic inferensial pada penelitian ini menunjukkan nilai asymp.sig sebesar 0,036<0,050. Hal tersebut berarti menunjukkan bahwa Ho ditolak, sehingga sangat jelas melalui uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas 3 SDN 3 Ciamis pada sub materi “Clothes” setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan permainan Paper Doll “Bepe-bepean”. Dengan demikian penggunaan permainan Paper Doll “Bepe-bepean” dapat digunakan sebagai alternatif media yang memenuhi kebutuhan dan karakteristik siswa sekolah dasar sebagai homo ludens. Media permainan Paper Doll “Bepe-bepean” juga terbukti berimplikasi secara positif dan efektif pada peningkatan penguasaan kosakata siswa sekolah dasar.

References

Ahmad, A., Muhlis, N. K., & Fathih, M. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab dengan Permainan My Happy Route di Sekolah Dasar. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 8(1), 59–72.

Gray, P. (2013). Definitions of play. Scholarpedia, 8(7), 30578.

Henricks, T. (2008). The nature of play. American Journal of Play, 1(2), 157–180.

Huizinga, J. (2008). Homo ludens: proeve eener bepaling van het spel-element der cultuur. Amsterdam University Press.

Huizinga, J. (2014). Homo ludens ils 86. Routledge.

Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33.

Lambrow, A. (2021). The seriousness of play: Johan Huizinga and Carl Schmitt on play and the political. Games and Culture, 16(7), 820–834.

Mulyanti, E., & Sya, M. F. (2023). Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Kartu Bergambar di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(2), 409–504.

Oktaviani, M., & Yanti, P. G. (2022). Mengembangkan Media Pembelajaran Permainan Anagram (Wordwall) untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Peserta Didik. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 275–284.

Priyastuti, M. T., Resanti, M., & Yoga, G. S. (2020). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Ular Tangga bagi Siswa SD Antonius 2 Semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 72–78.

Sadiman, A. (2006). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan. PT. Raja Grafindo Persada.

Santoso, S. (2019). Mahir statistik parametrik. Elex Media Komputindo.

Santoso, S. (2020). Panduan Lengkap SPSS 26. Elex Media Komputindo.

Sari, M. U. K., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Sunanto, S. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Permainan Anagram di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3614–3624.

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan media permainan mipon’s daily untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831.

Stelzer, J. (2023). The seriousness of play: Johan Huizinga’s Homo Ludens and the demise of the play-element. International Journal of Play, 12(3), 337–348.

Tedjasaputra, M. S. (2008). Bermain, Mainan dan Permainan.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73.

Widyahening, C. E. T., & Sufa, F. F. (2022). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1135–1145.

Published

2023-06-16

How to Cite

Maulidah, N., & Amelia, D. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Paper Doll “Bepe-Bepean” dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Tema Clothes di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(2), 78–90. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i2.125