Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kerjasama Madrasah Dengan Pemerintah Desa dan Masyarakat Sekitar di Mas Nurul Yaqin Desa Durian Lecah Sungai Manau Merangin Provinsi Jambi

Authors

  • Miskal Jannah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Andika Andika Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Alviana Nur Tiara Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nurfadilah Nurfadilah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.38035/jpsn.v2i2.140

Keywords:

Strategi, Kepala, Madrasah, Pemerintah dan Desa

Abstract

Permasalahan dalam artikel ini ialah Madrasah Aliyah Swasta Nurul Yaqin terletak pada kurang baiknya strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan kerjasama yang dijalankan oleh pihak madrasah dengan pemerintah desa dan masyarakat sekitar keberadaan madrasah. Pendekatan dalam penelitian dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dalam pendekatan kuantitatif menurut sudarman Damin peneliti harus tampil objektif, nilai-nilai, perasaan-perasaan, dan persepsi pribadi tidak dapat digantikan dalam pengukuran realitas dan pendekatan ini memperlihatkan pendekatan pengukuran atau numerik secara objektif. Sedangkan dalam pendekatan kualitatif bermaksud untuk memberi penomena secara holistik dan harus memerankan dirinya secara aktif dalam keseluruhan proses studi pendekatannya bis melalui kata-kata, konsep, informasi, yang cukup jelas dan luas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat ditarik beberapa poin: (1). Kerjasama yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kerjasama madrasah dengan pemerintah desa  dan masayrakat sekitar; (2). Strategi yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kerjasama antara madrasah dengan pemerintah desa dan masyarakat; dan (3). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Kegiatan  Kerjasama dalam Madrasah dengan Pemerintah Desa dan Masyarakat.

References

Abu Achamadi, Metodik Khusus Pendidikan Agama (MKPA) (Bandung: Armico 1986)

Anonim, Manajemen Sistem Pendidikan Nasional, Sentralisasi, Dekonsentrasi dan Desentralisasi (Bandung: Universitas Press IKIP, 1993)

Binperta, Panduan Manajemen Sekolah (Jakarta: Dekdikbud, 1999)

Fandy Tjipto, Strategi Pemasaran (Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2008)

H. Mansyur, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka, 1995/1996)

J. Salusu, Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit (Jakarta: Grasindo, 1986)

M. Hasbullah, Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi Objektif Pendidikan di Indonesia, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2015.

M. Sumantri dan J. Permana, Strategi Belajar Mengajar (Depdikbud,:PT. Proyek Guru SD, 1999)

Mukhtar, Bimbingan Skripsi, tesis dan artikel ilmiah (panduan berbasis penelitian kualitatif lapangan dan perpustakaan) (Jakarta: Gaung Persada, 2019)

Mulyasa, E. Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah, (Jakarta: Departemen Agama RI, 2005)

Published

2024-04-22

How to Cite

Jannah, M., Andika, A., Nur Tiara, A., & Nurfadilah, N. (2024). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kerjasama Madrasah Dengan Pemerintah Desa dan Masyarakat Sekitar di Mas Nurul Yaqin Desa Durian Lecah Sungai Manau Merangin Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 2(2), 50–59. https://doi.org/10.38035/jpsn.v2i2.140