Analisis Risiko Dan Tingkat Pengembalian Dalam Mengidentifikasi Saham Yang Dimiliki Investor

Authors

  • Hanum Najmi Hawa Universitas Ubhara Jaya
  • Achmad Fauzi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Farhan Febriansyah Putra Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Gaida Putri Naraya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Gea Verina Nazara
  • Idza Ardi Wa'afin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i4.99

Keywords:

Analisis risiko, Tingkat pengembalian, Identifikasi saham, Investor saham

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk menguji bagaimana investor membuat keputusan tentang saham dengan menganalisis risiko dan tingkat pengembalian. Untuk mencapai tujuan investasi yang sukses, diperlukan pemahaman yang kuat mengenai dua konsep penting dalam dunia investasi: risiko dan imbal hasil. Penelitian ini melakukan tinjauan pustaka mendalam tentang berbagai metode analisis risiko yang digunakan oleh investor, termasuk analisis fundamental, teknikal, dan kualitatif. Selain itu, penelitian ini juga membahas konsep tingkat pengembalian dalam investasi saham, mencakup tingkat pengembalian harapan dan riil, serta bagaimana pengukurannya memengaruhi keputusan investasi. Kami mempertimbangkan perbedaan dalam pendekatan antara investor individu dan institusional dalam menganalisis risiko dan pengembalian dalam pemilihan saham. Penelitian ini juga menyelidiki hubungan antara risiko yang dihadapi oleh investor dan tingkat pengembalian yang diperoleh dalam portofolio saham mereka. Diharapkan bahwa temuan-temuan penelitian ini akan memberikan investor lebih banyak pengetahuan tentang cara meminimalkan risiko dan mengoptimalkan keuntungan dari investasi saham mereka. Dengan menggunakan temuan penelitian sebagai dasar, investor dapat membuat keputusan investasi yang lebih terdidik dengan bantuan saran-saran yang bermanfaat ini.

References

Amalia, C. N., & Santoso, B. H. (2015). Analisis Risk And Return Saham Sebagai Dasar Menentukan Kelayakan Saham Perusahaan Rokok. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(10).
Esana, R., & Darmawan, A. (2017). Pengaruh kebijakan dividen dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan serta dampaknya terhadap profitabilitas t+ 1 (studi pada sub sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2006-2016).
Fhadlan, M. (2019). Pengaruh Inflasi, Nilai Kursrupiah, Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Return Saham Di Bursa Efek Indonesia (studi Pada Bub-sektor Otomotif Dan Komponennya Periode 2010-2012).
Harahap, G. R. (2022). Analisis risiko dalam berinvestasi pada reksadana saham di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Investasi Islam, 7(1), 34–45.
Hasan, N., Pelleng, F. A., & Mangindaan, J. V. (2019). Analisis capital asset pricing model (CAPM) sebagai dasar pengambilan keputusan berinvestasi saham (Studi pada Indeks Bisnis-27 di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1), 36–43.
Puspitasari, R., & Pramesti, D. (2011). Analisis risiko dan tingkat pengembalian saham terhadap portofolio optimal saham (studi kasus pada 8 saham dari LQ-45). Jurnal Ilmiah Ranggagading, 11(02), 17–21.
Rukmini, D., & Pradana, M. N. R. (2019). Analisis perbandingan tingkat pengembalian dan risiko antara indeks saham syariah dan indeks saham konvensional di bursa efek indonesia. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 300–312.
Salimah, A. (2018). Analisis Perbandingan Risiko (Risk) dan Tingkat Pengembalian (Return) antara Deposito dengan Emas. Manajemen Bisnis, 8(2).
Schoenmaker, D., & Schramade, W. (2023). Risk-Return Analysis. In Corporate Finance for Long-Term Value (pp. 325–366). Springer.
Stålnacke, O. (2019). Individual investors’ information use, subjective expectations, and portfolio risk and return. The European Journal of Finance, 25(15), 1351–1376.
Sulistiana, I. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Danrasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 4(2).
Sutarjo, A., Putri, S. Y. A., & Aisyah, S. (2022). PENGARUH RISIKO SISTEMATIS DAN LIKUIDITAS SAHAM TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)”. Pareso Jurnal, 4(4), 867–880.
Yanti, N. E. (2018). Analisis Risiko Investasi dan Optimalisasi Portofolio Saham LQ45 dengan Metode Value At Risk. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 6(2).
Yuanedta, D. A., & Agustin, S. (2015). ANALISIS RISIKO DAN TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM DALAM MENENTUKAN SAHAM YANG DIMILIKI INVESTOR. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(4).

Published

2023-12-13

How to Cite

Najmi Hawa, H., Fauzi, A., Putra, F. F., Naraya, G. P., Nazara, G. V., & Wa’afin, I. A. (2023). Analisis Risiko Dan Tingkat Pengembalian Dalam Mengidentifikasi Saham Yang Dimiliki Investor . Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(4), 117–128. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i4.99

Most read articles by the same author(s)