Dampak Modal Kerja Terhadap Harga Aset Dan Kinerja Keuangan Pada Harga Saham Perusahaan

Authors

  • Achmad Fauzi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Jhonni Sinaga Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Khomarudin Jein Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Mayang Puspita Ayu Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Liza Adelia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Lusitania Kembaren Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Melani Aprilya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i4.105

Keywords:

Modal Kerja, Harga Aset, Kinerja Keuangan, dan Harga Saham Perusahaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh modal kerja terhadap nilai aset dan efisiensi fungsi keuangan bisnis. Karena digunakan untuk operasional sehari-hari suatu perusahaan, maka modal kerja merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu lembaga usaha. Pengelolaan modal kerja yang efektif merupakan faktor lain yang berkontribusi terhadap pencapaian keuntungan. Iaba mempunyai arti yang paling tinggi karena mempunyai potensi mempengaruhi profitabilitas suatu perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan meningkat sebanding dengan jumlah laba yang dapat dihaslikannya. Modal kerja, yang terdiri dari aset lancar dan kewajiban lancar, merupakan komponen penting dalam pengelolaan sumber daya keuangan suatu perusahaan. Saat menjalankan bisnis di lingkungan yang selalu berubah, penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana modal kerja mempengaruhi harga aset dan kinerja keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara modal kerja, harga aset, dan kinerja keuangan dengan menggunakan data yang diperoleh dari analisis komparatif review jurnal. Hasil penelitian ini tidak menutup kemungkinan dapat dijadikan referensi bagi para peneliti dan akademisi yang tertarik pada bidang analisis keuangan perusahaan dan manajemen keuangan.

References

Achmad. (2002). ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN, MANAJEMEN RISIKO DAN MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP RETURN SAHAM. GOOGLE SCHOLAR, 6-11.
Brigham and Houston , B. (2022). pengaruh profitabilitas,leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan LQ45 pada bursa efek indonesia periode 2018-2019. google scholar, 7.
Fahmi. (2011). ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN, MANAJEMEN RISIKO DAN MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP RETURN SAHAM. GOOGLE SCHOLAR, 6-19.
Fahmi. (2013). Pengaruh analisis leverage terhadap kinerja keuangan perusahaan (Studi pada perusahaan property dan real estate yang listing di BEI tahun 2010-2012). Google Scholar, 5.
Fatmawati, S. (2021). Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, Profitabilitas Dan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Hutang. Google Scholar, 4.
Fatmawati, S., & Sartono, F. (2017). Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, Profitabilitas Dan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Hutang. Google Scholar, 8.
Hapsari, Y. P. (2015). Analisis Pengaruh Pengelolaan Modal Kerja Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indoensia (BEI). Google Scholar, 6/12.
Hery. (2019). Pengaruh Perputaran Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada PT Waskita Karya (Persero) Tbk di Bursa Efek Indonesia (BEI). google scholar, 4.
Husnan. (2023). Manajemen Modal Kerja Bagi Bisnis Perusahaan Di Era Digital. google scholar, 5.
Kasmir. (2011). Peranan modal kerja dalam meningkatkan profitabilitas. Google Scholar, 6.
Kesuma. (2009). PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR ASET, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STUKTUR MODAL SERTA HARGA SAHAM. GOOGLE SCHOLAR, 3/6.
Prayudi , & Ihammi. (2015). PENGARUH TINGKAT MODAL KERJA TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF & KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2018. GOOGLE SCHOLAR, 5-15.
Riyanto. (2018). PERANAN MODAL KERJA DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS. Google scholar, 3.
Riyanto. (2022). pengaruh profitabilitas,leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan LQ45 pada bursa efek indonesia periode 2018-2019. google scholar, 4.
Santini dan Baskara, S. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas. Google scholar, 3.
Sartono, F., & Fatmawati, S. (2021). Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, Profitabilitas Dan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Hutang. Google Scholar, 3.
wilnd, S., & subramanyan, w. (2015). Pengaruh profitabilitas, umur, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. google scholar, 6.

Published

2023-12-12