Analisis Jumlah Kunjungan Wisatawan di Destinasi Wisata Alam TNKS Jambi

Authors

  • Muhammad Safri Universitas Esa Unggul
  • M. Havidz Aima Universitas Esa Unggul
  • Alfadli Santowijaya Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i3.62

Keywords:

Rata-rata tarif hotel, jumlah kendaraan pribadi, jumlah penduduk produktif, jumlah kunjungan wisatawan Nusantara

Abstract

Pengelolaan kawasan TNKS sebagai destinasi wisata alam memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan perekonomian Kabupaten Kerinci. Namun demikian, lapangan kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat sekitar masih relatif rendah. Potensi sumber daya alam yang dimiliki TNKS belum sepenuhnya terintegrasi dan diselaraskan dengan visi, misi, dan strategi pembangunan yang terpadu dan berkelanjutan. Beberapa variabel diduga berpengaruh terhadap pengembangan TNKS sebagai destinasi wisata alam yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi pengembangan pariwisata alam TNKS di Kabupaten Kerinci. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa pendapatan per kapita Kota Jambi berpengaruh signifikan dan positif terhadap jumlah kunjungan wisatawan domestik ke TNKS. Untuk wisatawan mancanegara, dua variabel yang signifikan adalah rata-rata biaya perjalanan dan intensitas pertunjukan budaya. Meningkatnya biaya perjalanan menyebabkan lebih banyak kunjungan wisatawan asing karena mereka melihat nilai jasa lingkungan yang unik yang harus mereka bayar. Wisatawan mancanegara lebih menyukai atraksi budaya yang menyatu dengan alam, sementara atraksi budaya massal kurang menarik. Sekitar 85% wisatawan mancanegara lebih menyukai kegiatan penelitian, sementara sebagian besar wisatawan domestik mencari kenyamanan alami.

References

Hufscmidth, MM and Dixon JA. 1992. Lingkungan Sistem Alami dan Pengembangan, Penerjemah Reksodiharjo.Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Kamaluddin. 1987. Ekonomi Transportasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Yoeti, 1990. Pemasaran Pariwisata. Bandung : Angkasa

As’ad. 1987. Psikologi Industri edisi 4. Yogyakarta : Percetakan Liberty

Anita. 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Nusantara Asal Kota Jambi Ke Objek Wisata Alam Taman Nasional Kerinci Seblat (Tnks) Di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi (Pendekatan Biaya Perjalanan Travel Cost Approach). Skripsi

Gitosudarmo. (2008). Pengaruh Biaya Promotion Mix Terhadap Nilai Penjualan Jasa Hotel pada Adirama Hotel Lovina. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Genesha Singaraja. Indonesia. Vol: 4 No: 1.

Kurniawan, Werry. 2013. Analisis Pengaruh Harga, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Menginap pada Grand Asia Hotel. Hal: 1-25.

Sandra. 1994. Studi Permintaan Agrowisata Sebagaiunsur Perencanaan Pembangunan Agrowisata. Studi Kasus PTP XII Rancabudi Bandung, Jawa Barat. Bogor : Institut Pertanian Bogor

Sihite, Richard. Tourism Industry (Kepariwisataan). Surabaya : Penerbit SIC.

Suparmoko. 2000. Ekonomika Lingkungan. Yogyakarta : BPFE

Published

2023-09-02