Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi Ferizy dan Persepsi Harga Terhadap Penggunaan Ulang Layanan di PT ASDP Indonesia Ferry (Studi Kasus Penumpang Rute Merak-Bakauheni)

Authors

  • Kiki Sridayanti Banjarnahor Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara, Jakarta, Indonesia
  • Christine C. Widayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, Jakarta, Indonesia
  • Didin Hikmah Perkasa Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i3.69

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi Ferizy, Persepsi Harga, Penggunaan Ulang Layanan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan penggunaan ulang layanan di PT. ASDP Indonesia Ferry khususnya pada rute pelabuhan Merak-Bakauheni yang disebabkan oleh kurangnya kualitas pelayanan, kemudahan penggunaan aplikasi Ferizy dan persepsi harga. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap penggunaan ulang layanan, untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan aplikasi Ferizy terhadap penggunaan ulang layanan dan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga terhadap penggunaan ulang layanan di PT. ASDP Indonesia Ferry. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah penumpang kapal yang sudah pernah menggunakan layanan jasa di PT. ASDP Indonesia Ferry minimal sebanyak dua kali dan sampel yang digunakan adalah sebesar 132 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah Component atau Variance Based Structural Equation Model menggunakan program Partial Least Square (Smart-PLS) versi PLS. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan ulang layanan, kemudahan penggunaan aplikasi Ferizy berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan ulang layanan dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan ulang layanan di PT. ASDP Indonesia Ferry.

References

Adi, Fathoni, A., dan Hasiholan, L. B. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk CKE Teknik Semarang. Journal Of Management.
Adriani, N. N., dan Warmika, I. G. K. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan dan Niat Menggunakan Kembali. E-Jurnal Manajemen.
Adriany, V. 2018. Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Jasa Go-Jek Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Karyawan Berkantor di Wilayah Jl. TB Simatupang. Commerce Jurnal Ilmiah.
Alawi, N. M., Asih, V. S., dan Sobana, D. H. 2020. Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Terhadap Penggunaan Sistem Financial Technology. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah).
Anisa, S. T., Mustofa, M. T. L., Al Umar, A. U. A., Fitria, D., Pradani, Y. S., dan Inawati, Y. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek Millenial Salatiga. JUREMI: Jurnal Riset Ekonomi.
Anwar, U. S. K. 2021. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan di Warung Steak On You Kota Baru Jambi. Transekonomika : Akuntansi, Bisnis dan Keuangan.
Erlambang, M. N. 2020. Pengaruh Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Penggunaan Ulang Pada Konsumen Grab Motor di Jombang. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara.
Fahrudin. 2018. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Minat Penggunaan Ulang (Studi Kasus Konsumen Go-Jek di Jakarta Selatan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, Bisnis dan Manajemen.
Ghozali, Imam. 2018. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Edisi 2. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.
Hair, Joseph F. G. Tomas M. Hult., Christian M. Ringle., and Marko Sarstedt. 2021. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modelling (Pls-Sem). 2e Edition USA: SAGE.
Hartanto, R. 2018. Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Layanan Jasa Transportasi Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Jurnal Manajemen Bisnis.
Hinati, H. 2019. Pengaruh Sosial, Kemudahan, Kepercayaan dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Uang Elektronik Syariah di Masyarakat DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, Manajemen dan Bisnis.
Juniantari, N. L. P., Anggraini, N. P. N., dan Hendrawan, I. G. Y. 2020. Pengaruh Service Quality dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Transportasi Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Ganesa Transport. JUIMA: Jurnal Ilmu Manajemen
Kasinem, K. 2020. Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika.
Kurniawan, D. E., Fatulloh, A., dan Kushardianto, N. C. 2018. Perancangan Aplikasi Penjualan Tiket Kapal Menggunakan Near Field Communication (NFC) Pada Perangkat Bergerak. INFOTEKJAR : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan.
Lestari, I. 2020. Analisis Tingkat Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Kembali Layanan Transportasi Onlinedi Era Pandemi Covid-19. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi.
Maramis, F. S., Sepang, J. L., dan Soegoto, A. S. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.
Maskuri, M. A., Kurniawan, E. N., Wardani, M. K., dan Andriyani, M. 2019. Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Manajemen Kewirausahaan.
Nurparliana, L., Astuti, T., dan Miswan, M. 2022. Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan dan Kemudahan Penggunaan E-Channel Terhadap Minat Bertransaksi Ulang Secara Online (Studi Kasus Pada Nasabah BTN KC Kelapa Gading Square). In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK).
Perkasa, D. H. 2019. Pengaruh Harga, Promosi, Tempat Dan Kualitas Layanan Terhadap Pilihan Pasien Rawat Inap (Studi Kasus RS Yadika Group). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis.
Prabowo, S. A. 2018. Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mirota Kampus Godean. Jurnal Ekobis Dewantara.
Pramadita, P. C. 2021. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan, Discount dan Perilaku Konsumtif Terhadap Minat Penggunaan Berulang Aplikasi Dana Pada Mahasiswa di Kota Depok Tahun 2021. Politeknik Negeri Jakarta.
Primadewi, K., dan Wardhana, Z. F. 2019. Peranan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pasien Menggunakan Ulang Jasa Pelayanan Pada Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Dharma Yadnya Denpasar. Bali Health Journal.
Purba, C. N., dan Mustikasari, A. 2020. Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Beli Ulang Pada Aplikasi KAI Accsess. Eproceedings Of Applied Science.
Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., dan Anggraini, N. P. N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. Values.
Puspitasari, R., dan Aprileny, I. 2020. Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Konsumen Pelanggan Aplikasi Grab di PT. Sido Muncul Kebon Jeruk). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Rahman, S., Rika, R., Santoso, P. H., dan Setyawan, O. 2022. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Transportasi Online (Studi Kasus Pada Pengguna Gojek di Pekanbaru). Jurnal BANSI : Jurnal Bisnis Manajemen Akutansi.
Ritonga, J. S., dan Syahputri, Y. 2022. Pengaruh Service Qualitydan Costumer Experience Terhadap Niat Penggunaan Ulang Jasa Transportasi Kereta Api Indonesia (KAI) Stasiun Tanjung Balai. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting.
Sa'adah dan Mu'arofah. 2021. The Influence of Service Quality and Price Perception on Reuse Interest in Grab Motor Consumers in Jombang. International Journal of Socialand Management Studies.
Sekaran, Uma dan Bougie. 2017. Metode Penelitian Untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 2, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Syafiih, M., Istifadah, N., dan Arifin, N. H. I. 2022. Sistem Informasi Jadwal dan Pemesanan Tiket Keberangkatan Kapal Laut di Pelabuhan Jangkar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika.
Widayati, C. C., Widjaja, P. H., dan Arifin, A. Z. 2020. The Influence Of Brand Awareness, Brand Image, And Service Quality Inflight Catering On Saudi Consumer Satisfaction Arabian Airlines. Journal Of Marketing And Consumer Research.
Wijiastuti, R. D., dan Cantika, N. 2021. Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Gofood di Kota Sorong. Kalianda Halok Gagas.
Wulandari, R. W., Sidanti, H., dan Kadi, D. C. A. 2022. Pengaruh Fasilitas Wisata, Persepsi Harga dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Lawu Park Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. In SIMBA : Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.
Zhang, Y. B., dan Kim, H. K. 2021. A Study on The Factors Affecting Satisfaction and Reuse Intention Among Customers Using O2O Delivery Platform in China. J. SYST. MANAG. SCI.

Published

2023-09-08