Peranan Budaya Organisasi, Motivasi dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat)

Authors

  • Ferdian Gumiwa Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti, Bandung, Indonesia
  • Widiya Avianti Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti, Bandung, Indonesia
  • Deden Komar Priatna Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jhesm.v2i1.246

Keywords:

Budaya Organisasi, Motivasi, Pelatihan, Kinerja Pegawai

Abstract

Artikel yang berjudul Peranan Budaya Organisasi, Motivasi dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat) dilatarbelakangi implementasi penilaian prestasi kerja di instansi pemerintahan sejak tahun 2014 sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011. Observasi awal menunjukkan kinerja pegawai Bappeda Provinsi Jawa Barat masih rendah dan belum memenuhi target. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hubungan antar variable.  Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan tehnik pengumpulan data melalui kuesioner pada 59 sampel. Analisis Regresi Linier Berganda menunjukkan bahwa variabel budaya, motivasi, dan pelatihan memiliki koefisien positif terhadap kinerja. Uji F menunjukkan Fhitung (47,682) > Ftabel (2,77) atau Sig. (0,000) < 0,05, yang berarti ada peranan signifikan budaya organisasi, motivasi, dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja pegawai sedangkan nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0,772 hal ini menunjukkan adanya kontribusi budaya organisasi, motivasi, dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja sebesar 72,2 persen. Temuan utama mencakup: 1) Budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai, 2) Motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai, dan 3) Pelatihan berpengaruh terhadap kinerja pegawai.

References

Siagian, Sondang P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Siagian, Sondang P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siagian, Sondang P. (2010). Manajemen SDM untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sutrisno, Edy. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hasibuan, Malayu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harsono. (2011). Sistem Administrasi Kepegawaian. Bandung: Fokusmedia.

Gomes, Faustino Cardoso. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Andi.

Published

2024-03-26