Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA Pada Mahasiswa/i Program Studi Manajemen Universitas Catur Insan Cendekia

Authors

  • Devy Yulia Rahmawati Universitas Catur Insan Cendekia, Kota Cirebon, Indonesia
  • Sudadi Pranata Universitas Catur Insan Cendekia, Kota Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3.214

Keywords:

Aplikasi DANA, transaksi digital, faktor keunggulan DANA, finansial teknologi, tingkat kepuasan pengguna

Abstract

Tingkat kepuasan pengguna aplikasi DANA di kalangan mahasiswa manajemen UCIC menjadi judul penelitian yang dilakukan peneliti. Aplikasi DANA menghadirkan inovasi di bidang keuangan digital untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi. Dengan adanya penelitian ini peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang menjadi keunggulan aplikasi DANA, upaya apa yang dilakukan DANA untuk menguasai pasar financial technology, dan tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi DANA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui data primer (penyebaran kuesioner kepada mahasiswa UCIC dan wawancara kepada pedagang yang melibatkan DANA) dan data sekunder (studi literatur). Kuesioner disebarkan kepada 100 orang yaitu mahasiswa program studi manajemen UCIC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keunggulan aplikasi DANA dan yang dilakukan DANA dalam menguasai pasar financial technology adalah kecepatan proses transaksi baik transfer maupun melalui kode QR dan sistem keamanan. Dan hasil tingkat kepuasan pengguna aplikasi DANAmenunjukkan hasil uji t menyatakan thitung (1,172) > t tabel (0,195) sehingga HO ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil tingkat harapan dan tingkat kinerja pada aplikasi DANA.

References

Ahmad N S, Buce T H & Bonda S P. Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Dompet Digital (Studi Kasus Pada OVO dan DANA). Jurnal Pengembangan Teknologi Inforasi dan Ilmu Komputer, (2021).

Chrismastianto dalam Wahyuni, Turisno.(2019). Praktis Finansial Teknologi Ilegal dalam bentuk Pinjaman Online Ditinjau Dari Etika Bisnis. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia.

Doly A. N, Ria A. H, Robi P. (2021). Tingkat Perkembangan FinTech (Financial Technology), Pemahaman FinTech (Financial Technology) dan Minat Mahasiswa UIN Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Fitratul A, Fitriani M, Tangku K A & Eki S. Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA Menggunakan Metode TAM dan EUCS. Jurnal Cerdas,(2023).

Gunawan A N & Radica A R dalam Setiawan & Novita. Systematic Literature Review: Metode Penilaian Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, (2024).

Setiawa, N D dalam Zidan A. Penggunaan Aplikasi DANA Sebagai Media Dompet Digital dan Transaksi di Indonesia.

Muzdalifa at al dalam Hida Hiyanti, Lucky N, Citra S, Tetet F. (2019). Peluang dan Tantangan Fintech (Financial Tecnology) Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Islam.

Sunanto dan Ainun dalam Siti U.K, M. Halim, Achmad S. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Pengguna Financial Technology pada Aplikasi DANA.

Keller & Kotler. Marketing Management. Jurnal Pearson Education. (2012).

Widyanita dalam Akbar G & Nuraida W. Kualitas Pelayanan DANA Terhadap Kepuasan Konsumen Quality of ‘DANA’ Application Services On Cusumer Satisfaction. Journal Of Integrated System, (2021).

Published

2024-08-20