Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Disekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Muslimatul Ittihadziah Parit Subulus Salam Desa Pancur Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Riau

Authors

  • Yazid Hakami UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia
  • Musli UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia
  • Shalahudin UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia
  • Aprizal Wahyudi Diprata UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jhesm.v1i3.89

Keywords:

Strategi, Pembelajaran, Al-Qur’an Hadis, Membaca Al-Qur’an Hadis.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Muslimatul Ittihadziah Parit Subulus Salam Desa Pancur Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Riau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, Wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pertama, Strategi Pembelajaran Al-Qur'an Hadis di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Muslimatul Ittihadziah mencakup tiga metode utama: Metode Iqra', Metode Qira'aty, dan Metode An-Nahdliyah. Ketiga metode ini menciptakan pendekatan komprehensif dalam pengajaran Al-Qur'an, memungkinkan siswa untuk memahami tajwid, penghayatan, dan pemahaman makna Al-Qur'an. Kedua, Kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di sekolah ini terlihat meningkat dengan baik. Siswa memiliki kebiasaan shalat dan ibadah, membaca Al-Qur'an setiap hari, berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan, memiliki kesadaran etika dan moral yang baik, menunjukkan sikap peduli, dan mendapatkan dukungan dari guru-guru yang berperan dalam pengawasan dan pembinaan.Ketiga ,metode pengajaran Al-Qur'an, yaitu Metode Iqra', Metode Qira'aty, dan Metode An-Nahdliyah, memberikan dampak positif pada pembelajaran Al-Qur'an. Masing-masing memiliki keunggulan sendiri dalam mengembangkan pemahaman siswa tentang Al-Qur'an. Keempat, Faktor pendukung dalam strategi pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis mencakup komitmen siswa, ketersediaan sumber belajar, dukungan orang tua, kualitas pengajaran, dan lingkungan sekolah yang mendukung. Sementara faktor penghambat meliputi kurangnya motivasi siswa, keterbatasan sumber daya, teknologi yang terbatas, gangguan lingkungan, dan kesibukan lainnya. Dengan memanfaatkan faktor pendukung dan mengatasi faktor penghambat, sekolah dapat terus meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa.

References

Abd Rahman BP. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan”. Al Urwatul Wutsqa. Volume 2 (01).
Abdul Kadir. 2009. Dasar-Dasar Pendidikan. Surabaya: Amanah Pustaka. Pp. 43.
Ani nuraini, gea volume 13 nomor 2, oktober 2013, perbedaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran inkuiri bebas pada aspek kognitif peserta didik, jurnal pendidikan geografi, file:///c:/users/lenovo/downloads/3352-6188-1-sm.pdf .
Ali, H., & Limakrisna, N. 2013. Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis Untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi (Doctoral dissertation, Tesis, dan Disertasi. In Deeppublish: Yogyakarta.
John W. Slocum, Jr. 2015 Don Hellriegel,Principles of Organizational Behavior. Cengage Learning: Canada,. pp. 10.
Malayu Hasibuan. 2022. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara : Jakarta. pp. 88.
Ngalimun. 2016. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. pp. 62
Ngalim Purwanto. 2017. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Remaja Rosdakarya Bandung.
Yun Iswanto. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Terbuka: Tangerang pp. 63.
Mukhtar dkk. 2016. Pengembangan Karir Tenaga Pendidik: Teori dan Aplikasi: Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta. pp. 26-27.
Imron Fauzi, 2019 “Problematika Kebijakan Linierisasi dan Mutasi Guru di Kabupaten Jember”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 12 (01), pp: 8.
Haryanto, 2012: dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para akhli http://belajarpsikologi. com/pengertianpendidikan-menurut-ahli/ diakes pada, [Desember 24, 2017]
Rizal perdana et al. 2020. model pembelajaran ISC (inquiry social complexity) untuk memperdayakan critical and creative thinking (CCT) Skills (jateng: lekeisha,), pp. 48
Simanjuntak, B., I. L Pasaribu. 1990. Membina dan Mengembangkan Generasi Muda. Bandung: Tarsito. pp. 84.
S.E.W. Cattel. Djwandono. 2002. Pskolog Penddkan. Jakarta: Grasndo. 329
Sanjaya. 2017. Strateg Pembelajaran Berorentas Standar Proses Penddkan.
Sudarsono. 2002. Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja, (Jakarta: PT Grafindo Persada, pp. 148
Sudrajat, “Pembelajaran Inkuiri”, wordpress.com/2011/09/12/pembelajaran-inkuiri/ diakses pada 13 januari 2023) http://akhmadsudrajat.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta,. pp. 28

Published

2023-09-30