Analisis Peran Media Sosial Terhadap Peningkatan Loyalitas Konsumen di Era Digital Modern

Authors

  • Irena. F Mahasiswa Marketing Communication Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Indonesia
  • Dewantoro. M.G Mahasiswa Marketing Communication Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Indonesia
  • Gosal. G Mahasiswa Marketing Communication Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Indonesia
  • Megawati Megawati Mahasiswa Marketing Communication Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Indonesia
  • Tantama. D.G.E Mahasiswa Marketing Communication Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Indonesia
  • Thutano. S Mahasiswa Marketing Communication Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Indonesia
  • Ningsih. R.Y Dosen Fakultas Bahasa Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3.196

Keywords:

Media Sosial, Loyalitas Konsumen, Pemasaran Digital

Abstract

Pada era digital yang serba canggih, media sosial telah berkembang pesat dan menyediakan berbagai fitur yang memudahkan kehidupan sehari-hari manusia. Hubungan antara media sosial dan kehidupan manusia sudah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan. Melalui jangkauan yang luas, media sosial telah digunakan untuk mengembangkan bisnis. Penggunaan media sosial dalam mempengaruhi hubungan antara pelanggan dan bisnis serta cara menjaga reputasi baik perusahaan merupakan kunci utama yang harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam meningkatkan loyalitas konsumen di era modern saat ini. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi loyalitas konsumen melalui penggunaan media sosial. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner online. Response dipilih menggunakan teknik probability sampling, yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa media soal dan strategi pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.

References

Imron, Ahmad Syaifulloh, Wardani, niken hendrakusma and Rokhmawati, retno indah (2018) ‘Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Pada Transportasi Online (Go-Jek Indonesia)’, Jurnal Pengembangan Tekonologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(9), p. 9.

Irvan, M. (2011) ‘Fase Pengembangan Konsep Produk Dalam Kegiatan Perancangan dan Pengembangan Produk’, Jurnal Ilmiah Faktor Exacta, 4(3), pp. 261–274. Available at: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/55.

Nasution A. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 11–18.

Saputra, J. E. and Kusumaningrum, A. P. (2022) ‘Analisis Swot Penggunaan Media Online Instagram Sebagai Alat Promosi Di

Cafe Kopipapi Jakarta Selatan’, Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), pp. 1802–1818. doi: 10.31955/mea.v6i3.2542.

Sawitri, N. M. A., & Chusumastuti, D. (2021). Peran Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Masker Kecantikan Yeppeoskin. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi, 5(2), 49–60. https://doi.org/10.56873/jimik.v5i2.148

Sawitri, N. M. A., Chusumastuti, D., Saputra, J. E., & Kusumaningrum, A. P. (2022). Peran Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Masker Kecantikan Yeppeoskin. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi, 6(2), 49–60. https://doi.org/10.56873/jimik.v5i2.148

Sucahyo, A. D., Dh, A. F., & Arifin, Z. (2013). Analisis pengaruh customer relationship marketing pemasaran hubungan pelanggan dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas (survei pada nasabah bank tabungan pensiunan nasional mitra usaha rakyat kantor cabang Bojonegoro). Jurnal Profit, 7(1), 151–156.

Published

2024-07-16