Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Terhadap Optimalisasi Kinerja Perusahaan Pada PT. Gudang Garam Tbk

Authors

  • Andini Shinta Rahayu Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Achmad Fauzi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ery Teguh Prasetyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ananda Putri Haristiyanti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ananda Suryadinata Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Anisa Bunga Aprilia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Anisa Dewi Lestari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i4.98

Keywords:

Laporan keuangan, Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam atau penilaian tentang kinerja perusahaan dan memberikan panduan bagi tindakan yang dapat diambil untuk mencapai optimalisasi kinerja perusahaan pada perusahaan PT. Gudang Garam Tbk. Penilaian terhadap optimalisasi kinerja perusahaan pada PT. Gudang Garam Tbk untuk membantu manajemen memahami sejauh mana perusahaan mencapai tujuannya, mengidentifikasi efesiensi oprasional, serta merencanakan langkah-langkah perbaikan yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Analisis laporan keuangan memberikan dasar yang kuat untuk mengukur kesehatan keuangan perusahaan, mengidentifikasi potensi perbaikan, dan mendukung pengambilan keputusan strategis. Hasil penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan literature review jurnal, serta menggunakan data laporan keuangan. Semua referensi yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari Google Scholar, Google, Researchgate, dan media online lainnya.

References

Amriyadi. (2022). Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Gudang Garam Tbk. Jurnal Sains Sosio Humaniora.
Astuti, dewi. 2004. Manajemen Keuangan Perusahaan.Jakarta:Ghalia Indonesia.
Brigham dan Joel. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan.Jakarta:Salemba Empat.
Fahmi, I. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung:Alfabeta.
Harahap.2011. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan.Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.
Harahap.2016. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.
Heiby, D. (2015). Analisis Informasi Laporan Arus Kas Sebagai Alat Ukur Efektivitas Kinerja Keuangan Pada Pt. Gudang Garam Tbk. Sebagai Salah Satu Perusahaan Industri Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.
Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).2009. Jakarta:Salemba Empat.
John, H. dan.2012. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. (Edisi XIII). Salemba Empat.
Juvebri, D. (2019). Analisis Laporan Arus Kas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Kasmir.2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir.2016. Financial Statement Analysis.Jakarta:Rajawali Pers.
Kesuma, R. dan. (2014). Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT. Budi Satria Wahana Motor. Jurnal Akuntansi & Keuangan.
Manane, L. dan. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Ditinjau Dari Rasio Aktivitas Dan Rasio Profitabilitas (Studi Kasus Pada PT Gudang Garam Tbk). Inspirasi Ekonomi?: Jurnal Inspirasi Ekonomi.
Melissa, D. (2015). Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada Pt. Bukalapak. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Muhammad, D. (2023). Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada Pt. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Jurnal Penelitian Mahasiswa.
Munawir.2014. Analisa Laporan Keuangan (Edisi Keem). Yogyakarta:Liberty.
Munawir, S.2017. Akuntan Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta:Liberty.
Poyk. (2023). Analisis Kinerja Keuangan Pada Pt Gudang Garam, Tbk. Journal Economic Excellence Ibnu Sina.
Prabowo. (2018). Analisis Rasio Rentabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Gudang Garam, Tbk. Jurnal Sekuritas (Saham, Ekonomi, Keuangan Dan Investasi ).
Rahmat, D. (2016). Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT Gudang Garam,Tbk Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Financial.
Rasio, D. A. N., Tahun, A., Elsawati, A., Widuri, T., & Sutapa, H. (2023). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial.
Sartono, A. (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi.Yogyakarta:BPFE.
Sawir, A. (2004). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. In Jakarta?: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sayekti, dkk. (2019). Pengunaaan Analisis Rasio dalam Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan pada PT. Gudang Garam Tbk. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan.
Sudana, I. M. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan (Edisi 2).Jakarta: Erlangga.
Yuniarti, S., Kurniaty, H., & Yulianti, H. F. (2022). Aanalisis Rasio Likuiditas, Aktivitas dan Profitabilitas Sebagai Alat Penilaiaan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan (Studi Pada PT. Gudang Garam TbK. Sri. Diploma Thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

Published

2023-12-14